Hot News

" ** " *** " Success and Enjoy with The New School Year "

Monday, November 21, 2011

Multiple Intelligences (part-4 Bodily-kinesthetic intelligence)

Kecerdasan Gerak Tubuh adalah kemampuan anak mengontrol gerakan, keseimbangan, ketangkasan, dan keanggunan dalam bergerak. Anak anak dengan kecerdasan gerak tubuh yang tinggi adalah anak anak yang senang bergerak.  Seringkali anak anak ini tidak dapat duduk diam. Mereka perlu dan senang menyentuh sesuatu. Dengan cara inilah anak anak ini mengenal dunia,  mereka mengeksplorasi dunia dengan otot ototnya.
Dalam bergerak, anak anak dengan kecerdasan gerak tubuh ini memliki koordinasi yang baik. Mereka cenderung tangkas dan cepat. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kontrol tubuh yang baik. Mereka adalah tipe pembelajar yang mengandalkan tangan dan kaki. Itu sebabnya mereka memiliki keterampilan motorik kasar dan halus yang baik. Sikecil dengan kecerdasan ini senang mengerjakan pekerjaan tangan seperti menggunting atau memperbaiki sesuatu misal mencoba memperbaiki mainannya.
Kecerdasan gerak tubuh erat kaitannya dengan perkembangan keterampilan motorik anak.

Elisabeth B Hurlock dalam Child development menyebutkan bahwa, perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinasi antara susunan syaraf, otak, spinal cord dan otot.

Tahap Perkembangan Keterampilan Motorik Anak
Usia
Motorik Kasar
Motorik Halus
1 – 2 tahun
  • Merangkak cepat dengan tangan dan lututnya
  • Berdiri pada usia 9 – 12 bulan, dan sesekali terlihat bimbang dengan langkahnya. Berjalan sendiri pada usia 15 bulan dan mulai berlari pada usia 2 tahun.
  • Dapat menjaga keseimbanngan selama berjalan dengan satu kaki pada sebuah papan yang lebar
  • Menghindari jatuh dengan duduk secara cepat
  • Merangkak menaiki tangga, pada usia 16 bulan berjalan naik dengan melangkah selangkah selangkah (meletakkan kedua kaki dalam tiap langkahnya)
  • Memanjat keatas kursi dan duduk diatasnya
  • Mendorong dan menarik benda besar seperti boks mainannya. Membawa mainan besar
  • Berhenti dari berjalannya utntuk mengambil maian yang terletak dilantai, tanpa kehilangan keseimbangan
  • Merespons musik secara ritmis dengan menggerakkan tubuhnya
  • Menjatuhkan bola kedalam keranjang
  • Menendang bola dengan berjalan, belum dapat mengayunkan kaki untuk menendangnya.
  • Mengambil benda kecil dengan menjumput
  • Mengeluarkan benda kecil dari cangkir
  • Membalik dua atau tiga halaman buku sekaligus
  • Memukul dua sendok bersamaan
  • Menyusun sedikit balok dalam membuat menara
  • Mencoret secara acak pada usia 12 bulan, dan semakin memperlihatkan kemajuan pada tahun kedua
  • Suka makan dengan menggunakan jarinya, minum dari cangkir
  • Pada usia 2 tahun menggenggam dua benda dalam satu tangan
  • Mencuci tangan dan mukanya sendiri, terkadang juga menyisir rambutnya
  • Mampu mengupas buah pisang
2 – 3 tahun
  • Melompat (hopping) ditempat
  • Meloncat (jumping)
  • Berlari dengan baik, mulai dan mengakhirinya dengan mudah
  • Dapat berjalan mundur 1,5m – 3,5m dalam garis lurus
  • Menendang bola dengan ayunan kaki yang kuat
  • Dengan penuh percaya diri memanjat dan menuruni tangga untuk melihat melalui jendela
  • Saat berbaring dapat kembali pada posisi berdiri tanpa bantuan (misal menarik diri dengan batuan kursi, kaki atau bantuan lain)
  • Dapat berdiri dengan satu kaki secara seimbang dalam waktu yang cukup
  • Dapat menaiki kotak tanpa bantuan
  • Dapat mengayuh sepeda roda tiga pada usia 2,5 tahun
  • Sudah mulai dapat meniru gerakan sholat
  • Secara konsisten senang menggunakan satu tangan untuk kebanyakan aktivitas
  • Mengikuti contoh orang dewasa, menggambar kurva, garis horizontal dan vertikal
  • Dapat membuka pintu dengan menggenggam gagang pintu
  • Pada usia 3 tahun, mampu membangun menara dengan ketinggian 10 blok atau lebih dan menyerupai bentuk
  • Menggunakan sendok saat makan dengan baik dan mulai belajar menggunakan garpu
  • Melepas baju sendiri dan mulai menggunakan baju sendiri
  • Melipat kertas
  • Melai menggunting walaupun belum mampu menggunting lurus
  • Mulai belajar menyikat giginya
  • Mulai mengguyurkan air kebadannya
3 – 4 tahun
  • Berdiri dengan kedua tumit bersamaan, lengan disamping tanpa kehilangan keseimbangan
  • Berjalan lurus kedepan dengan luwes
  • Berjalan mundur dengan melihat kebelakang
  • Naik turun tangga dengan lebih baik
  • Melompat dengan satu kaki, dan mulai menunjukan kesukaan pada satu kaki dibanding lainnya
  • Jumping (meloncat)
  • Berdiri dengan satu kaki dengan seimbang sampai  5 detik
  • Dapat berjalan diatas papan, dengan satu kaki berada didepan yang lainnya
  • Melempar bola dengan overhand 1,8m – 3,5m dan menggunakan kekuatan bahu dan siku saat melempar
  • Dapat menangkap bola besar dengan merapatkan kedua lengan didepan badan
  • Mengikuti gerakan sederhana seperti bediri, membungkuk
  • Melakukan gerakan sholat dengan cukup baik (gerakan takbir, ruku, sujud dan duduk)
  • Dapat menggambar lingkaran walaupun masih kasar
  • Dapat membangun piramida yang terdiri dari 6 blok (susunan)
  • Lebih efisien dalam menggunakan garpu
  • Pada usia 3 tahun, sudah mampu melepaskan kancing baju yang terletak didepan
  • Melepaskan ikat pinggang pada usia 3,5 tahun
  • Dapat mengambil objek kecil dengan capitan
  • Mampu menggunakan gunting untuk membagi kertas menjadi dua bagian
  • Menyusun puzzle sederhana
  • Menempel menggambar dan mewarnai
  • Menyikat giginya sendiri meskipun belum terlalu luwes
  • Belajar menyabuni badannya

4 – 5 tahun
  • Berjalan lurus pada satu garis
  • Berjalan mundur tanpa melihat kebelakang
  • Berjalan menuruni tangga dengan menggunakan dua kaki secara bergantian pada setiap langkahnya dengan langkah yang lebih cepat
  • Menangkap bola dengan siku membengkok
  • Melempar bola (overhand) dengan jarak 3,5m atau lebih
  • Membawa secangkir air sambil berjalan, tanpa menumpahkannya
  • Memanjat tangga tangga yang ada ditaman bermain
  • Semakin baik dalam melakukan gerakan sholat (terutama duduk diantara dua sujud dan duduk tahiyat)
  • Ibu jari dapat menyentuh ujung jari lainnya, bergantian
  • Menggunakan serutan pensil
  • Dapat menyatukan kertas dengan menggunakan klip kertas
  • Dapat melipat kertas vertikal, horisontal dan diagonal
  • Menggunakan sendok garpu saat makan dengan semakin bergaya
  • Menggunting garis lurus
  • Menempel dan menggambar semakin luwes
  • Menggambar figur manusia seperti tongkat, dengan kepala, mata, kaki kemudian lambat laun menambahkannya dengan rambut dan jari
  • Mewarnai ditempat yang ditentukan
  • Mengenakan pakaian sudah benar benar mandiri
  • Lebih luwes dalam menyikat gigi
  • Belajar melipat kaosnya sendiri
  • Mengambil benda benda kecil dikotak
  • Dapat mengambil 2 atau 3 buah benda sekaligus (membawa piring dan gelas makannya sendiri)
  • Dapat membuka halaman halaman buku dengan jarinya dan tidak lecak atau sobek
5 – 6  tahun
  • Berdiri dengan satu kaki selama 10 detik atau lebih
  • Dapat menyentuhkan jari tangan ke ujung kaki tanpa membengkokkan lutut (cium lutut)
  • Berlari dengan cepat dan jarang jatuh (lari jarak pendek 27,5m sekitar 10 detik)
  • Melompat mundur
  • Dapat mengayunkan satu kaki saat berdiri, tanpa kehilangan keseimbangan
  • Berdiri berjinjit dengan seimbang
  • Bergerak sesuai instruksi
  • Melempar bola kearah yang ditetapkan
  • Menyepak (kicking) bola kearah yang ditentukan
  • Menangkap dan melempar bola dengan cepat
  • Melakukan gerakan berpindah dengan zig-zag
  • Berlari dengan gerakan seimbang dan dapat berhenti tiba tiba
  • Melompat untuk menjangkau benda keatas atau kedepan
  • Mengayuh sepeda dengan cepat.
  • Menggunting bujursangkar (persegi)
  • Menempel, menggambar dan mewarnai dengan lebih tersusun
  • Menyusun puzzle dengan bentuk yang kompleks
  • Memasukkan kertas yang sudah dilipat keamplop
  • Membuka dan memakai baju hangat (sweater) mandiri
  • Mengoleskan selai pada roti tawar untuk makannya sendiri
  • Memotong makanan yang mudah dipotong dengan pisau
  • Mengikat tali atau simpul sederhana
  • Mengancingkan baju tanpa bercermin
  • Memasukkan kertas yang telah berlubang pada ring binder
  • Menyikat gigi dengan semakin baik
  • Menyabuni badan dan membersihkan rambut dengan semakin luwes
Share and Enjoy from http://forenglishteachers.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...