Hot News

" ** " *** " Success and Enjoy with The New School Year "

Wednesday, March 28, 2012

Multiple Intelligences (part-8 Naturalist intelligence)

Kecerdasan natural merupakan kemampuan mengenali dan mengkategorikan hewan atau tumbuhan di lingkungan sekitar. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada gejala alam, seperti cuaca, bentuk awan, dan gunung-gunung.
Kemampuan yang terkait dengan kecerdasan naturalis adalah:
  • Kemampuan beternak
  • Kemampuan berkebun, memelihara tanaman
  • Kepekaan terhadap gejala alam
Kecerdasan naturalis dapat distimulasi dengan memperkenalkan dan menumbuhkan minat anak pada fenomena-fenomena alam, seperti pada tumbuhan, binatang, dan benda-benda alam lainnya. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain:
 1. Berjalan-jalan mengenal lingkungan luar rumah
Untuk anak-anak yang masih sangat kecil, maka stimulasi kecerdasan naturalis dapat dilakukan dengan membiasakan indera anak pada benda-benda alam, misalnya melihat pohon-pohon disekitar rumah atau di taman, mendengarkan gemericik air mengalir, suara ayam berkokok, kucing mengeong, cicak berdecak dan lain sebagainya.

2. Melihat gambar-gambar atau VCD tentang alam dan belajar mengenal nama-namanya
Untuk anak yang sudah lebih besar, misal 2-3 tahun mereka dapat diperlihatkan buku-buku bergambar yang berwarna tentang buah-buahan, tanam-tanaman, dan berbagai macam binatang serta pemandangan alam dan lautan. Disamping diperkenalkan pada penglihatan berbagai fenomena alam, anak sekaligus duperkenalkan pada sebutan nama masing-masing. Supaya anak lebih ingat, hendaknya cara memperkenalkan dilakukan melalui teknik bercerita, dengan demikian anak akan mengenal dan mengingatnya melalui suatu konteks.

3. Mengajak anak tamasya
Supaya anak lebih riil mengenal alam yang sudah banyak diperkenalkan lewat buku-buku bergambar, maka anak perlu diajak untuk bertamasya, sekali tempo ke pegunungan, lalu ke pantai, kemudian ke kebun binatang. Sambil bertamasya orang tua dan pendidik dapat mengajukan berbagai pertanyaan terkait dengan pengetahuan yang sudah dipelajari. kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan konsep tamasya ini dapat menggugah anak akan kecintaan kepada alam.

Share and Enjoy from http://forenglishteachers.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...